Laboratorium adalah tempat riset ilmiah,
eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah dilakukan. Laboratorium
biasanya dibuat untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut
secara terkendali. Laboratorium diartikan sebagai suatu tempat untuk mengadakan
percobaan, penyelidikan, dan sebagainya yang berhubungan dengan ilmu fisika,
kimia, dan biologi atau bidang ilmu lain. Laboratorium adalah suatu tempat
dilakukannya percobaan dan penelitian. Tempat ini dapat merupakan ruangan
tertutup, kamar atau ruangan terbuka. Laboratorium adalah suatu ruangan yang
tertutup di mana percobaan eksperimen dan penelitian dilakukan (Depdikbud, 1995
dan 2003).
Pengertian lain menurut Sukarso (2005),
laboratorium ialah suatu tempat dimana dilakukan kegiatan kerja untuk
mernghasilkan sesuatu. Tempat ini dapat merupakan suatu ruangan tertutup,
kamar, atau ruangan terbuka, misalnya kebun dan lain-lain. Dengan kata lain, laboratorium adalah
tempat sekelompok orang yang melakukan berbagai macam kegiatan penelitian
(riset) pengamatan, pelatihan, dan pengujian ilmiah sebagai pendekatan antara
teori dan praktik dari berbagai disiplin ilmu. Pembelajaran atau riset-riset
pengembangan ilmu tersebut dilakukan terhadap berbagai macam ilmu yang telah
dikenal sebelumnya, atau terhadap ilmu yang baru dikenal. Pada dasarnya, secara
fisik laboratorium juga dapat merujuk pada suatu ruangan tertutup, kamar atau
ruangan terbuka.
Standar Tenaga
Laboratorium Sekolah/Madrasah telah dituangkan dalam Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2008 Tanggal 11 Juni 2008. Pada lampiran
PERMENDIKNAS No 26 Tahun 2008 berisikan tentang standar tenaga laboratorium
sekolha/madrasah yang digunakan sebagai acuan oleh pihak-pihak sekolah pada
pengelolaan laboratorium, dimana isi Permendiknas No 26 tahun 2008 sebagai
berikut.
A. KUALIFIKASI
1.
Kepala
Laboratorium Sekolah/Madrasah
Kualifikasi kepala
laboratorium Sekolah/Madrasah adalah sebagai berikut:
a.
Jalur
guru
1)
Pendidikan
minimal sarjana (S1);
2)
Berpengalaman
minimal 3 tahun sebagai pengelola praktikum;
3)
Memiliki sertifikat kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan
tinggi atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.
b. Jalur laboran/teknisi
1)
Pendidikan
minimal diploma tiga (D3);
2)
Berpengalaman
minimal 5 tahun sebagai laboran atau teknisi;
3)
Memiliki sertifikat kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan
tinggi atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.
2.
Teknisi
Laboratorium Sekolah/Madrasah
Kualifikasi teknisi
laboratorium sekolah/madrasah adalah sebagai berikut:
a.
Minimal
lulusan program diploma dua (D2) yang relevan dengan peralatan laboratorium,
yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah;
b.
Memiliki sertifikat teknisi laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan
tinggi atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.
3.
Laboran
Sekolah/Madrasah
Kualifikasi laboran sekolah/madrasah adalah
sebagai berikut:
a.
Minimal
lulusan program diploma satu (D1) yang relevan dengan jenis laboratorium, yang
diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah;
b.
Memiliki sertifikat laboran sekolah/madrasah dari perguruan tinggi yang
ditetapkan oleh pemerintah.
1.
Kompetensi Kepala Laboratorium Sekolah/Madrasah
DIMENSI
|
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Kompetensi
|
1.1 Menampilkan diri
|
1.1.1
|
Bertindak secara
|
|
Kepribadian
|
|
sebagai pribadi
|
|
konsisten sesuai dengan
|
|
|
yang dewasa,
|
|
norma agama, hukum,
|
|
|
mantap, dan
|
|
sosial, dan budaya
|
|
|
berakhlak mulia
|
|
nasional Indonesia
|
|
|
|
1.1.2
|
Berperilaku arif
|
|
|
|
1.1.3
|
Berperilaku jujur
|
|
|
|
1.1.4
|
Menunjukkan
|
|
|
|
|
kemandirian
|
|
|
|
1.1.5
|
Menunjukkan rasa
|
|
|
|
|
percaya diri
|
|
|
|
1.1.6
|
Berupaya meningkatkan
|
|
|
|
|
kemampuan diri
|
|
|
|
|
|
|
1.2
|
Menunjukkan
|
1.2.1
|
Berperilaku disiplin
|
|
|
komitmen terhadap
|
|
|
|
|
1.2.2
|
Beretos kerja yang
tinggi
|
|
|
|
tugas
|
|
|
|
|
1.2.3
|
Bertanggung jawab
|
|
|
|
|
|
terhadap tugas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2.4
|
Tekun, teliti, dan
hati-hati
|
|
|
|
|
dalam melaksanakan
|
|
|
|
|
tugas
|
|
|
|
1.2.5
|
Kreatif dalam
|
|
|
|
|
memecahkan masalah
|
|
|
|
|
yang berkaitan dengan
|
|
|
|
|
tugas profesinya
|
|
|
|
1.2.6
|
Berorientasi pada
|
|
|
|
|
kualitas
|
|
|
|
|
|
2. Kompetensi
|
2.1
|
Bekerja sama
|
2.1.1
|
Menyadari kekuatan dan
|
Sosial
|
|
dalam pelaksanaan
|
|
kelemahan baik diri
|
|
|
tugas
|
|
maupun stafnya
|
|
|
|
2.1.2
|
Memiliki wawasan
|
|
|
|
|
tentang pihak lain yang
|
|
|
|
|
dapat diajak kerja sama
|
|
|
|
2.1.3
|
Bekerjasama dengan
|
|
|
|
|
berbagai pihak secara
|
|
|
|
|
efektif
|
|
|
|
|
|
|
2.2
|
Berkomunikasi
|
2.2.1
|
Berkomunikasi dengan
|
|
|
secara lisan dan
|
|
berbagai pihak secara
|
|
|
tulisan
|
|
santun, empatik, dan
|
|
|
|
|
efektif
|
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
KOMPETENSI
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2.2
|
Memanfaatkan berbagai
|
|
|
|
|
peralatan teknologi
|
|
|
|
|
informasi dan
|
|
|
|
|
komunikasi (TIK)
|
|
|
|
|
|
3. Kompetensi
|
3.1 Merencanakan
|
3.1.1
|
Menyusun rencana
|
|
Manajerial
|
|
kegiatan dan
|
|
pengembangan
|
|
|
pengembangan
|
|
laboratorium
|
|
|
laboratorium
|
3.1.2
|
Merencanakan
|
|
|
sekolah/madrasah
|
|
pengelolaan
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
3.1.3
|
Mengembangkan sistem
|
|
|
|
|
administrasi
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
3.1.4
|
Menyusun prosedur
|
|
|
|
|
operasi standar (POS)
|
|
|
|
|
kerja laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
3.2
|
Mengelola kegiatan
|
3.2.1
|
Mengkoordinasikan
|
|
|
laboratorium
|
|
kegiatan praktikum
|
|
|
sekolah/madrasah
|
|
dengan guru
|
|
|
|
3.2.2
|
Menyusun jadwal
|
|
|
|
|
kegiatan laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2.3
|
Memantau pelaksanaan
|
|
|
|
|
kegiatan laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2.4
|
Mengevaluasi kegiatan
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2.5
|
Menyusun laporan
|
|
|
|
|
kegiatan laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
3.3
|
Membagi tugas
|
3.3.1
|
Merumuskan rincian
|
|
|
teknisi dan laboran
|
|
tugas teknisi dan laboran
|
|
|
laboratorium
|
3.3.2
|
Menentukan jadwal kerja
|
|
|
sekolah/ madrasah
|
|
teknisi dan laboran
|
|
|
|
3.3.3
|
Mensupervisi teknisi
dan
|
|
|
|
|
laboran
|
|
|
|
3.3.4
|
Membuat laporan secara
|
|
|
|
|
periodik
|
|
|
|
|
|
|
3.4
|
Memantau sarana
|
3.4.1
|
Memantau kondisi dan
|
|
|
dan prasarana
|
|
keamanan bahan serta
|
|
|
laboratorium
|
|
alat laboratorium
|
|
|
sekolah/madrasah
|
3.4.2
|
Memantau kondisi dan
|
|
|
|
|
keamanan bangunan
|
|
|
|
|
laboratorium
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
KOMPETENSI
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4.3
|
Membuat laporan
|
|
|
|
bulanan dan tahunan
|
|
|
|
tentang kondisi dan
|
|
|
|
pemanfaatan
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
|
3.5 Mengevaluasi
|
3.5.1
|
Menilai kinerja teknisi
|
|
kinerja teknisi dan
|
|
dan laboran laboratorium
|
|
laboran serta
|
3.5.2
|
Menilai hasil kerja
teknisi
|
|
kegiatan
|
|
dan laboran
|
|
laboratorium
|
|
|
|
3.5.3
|
Menilai kegiatan
|
|
|
sekolah/madrasah
|
|
laboratorium
|
|
|
3.5.4
|
Mengevaluasi program
|
|
|
|
laboratorium untuk
|
|
|
|
perbaikan selanjutnya
|
|
|
|
|
4. Kompetensi
|
4.1 Menerapkan
|
4.1.1
|
Mengikuti
|
Profesional
|
gagasan, teori, dan
|
|
perkembangan
|
|
prinsip kegiatan
|
|
pemikiran tentang
|
|
laboratorium
|
|
pemanfaatan kegiatan
|
|
sekolah/madrasah
|
|
laboratorium sebagai
|
|
|
|
wahana pendidikan
|
|
|
4.1.2
|
Menerapkan hasil
|
|
|
|
inovasi atau kajian
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
|
4.2 Memanfaatkan
|
4.2.1
|
Menyusun
|
|
laboratorium untuk
|
|
panduan/penuntun
|
|
kepentingan
|
|
(manual)
praktikum
|
|
pendidikan dan
|
4.2.2
|
Merancang kegiatan
|
|
penelitian di
|
|
laboratorium untuk
|
|
sekolah/madrasah
|
|
pendidikan dan
|
|
|
|
penelitian
|
|
|
4.2.3
|
Melaksanakan kegiatan
|
|
|
|
laboratorium untuk
|
|
|
|
kepentingan pendidikan
|
|
|
|
dan penelitian
|
|
|
|
|
|
|
4.2.4
|
Mempublikasikan karya
|
|
|
|
tulis ilmiah hasil
|
|
|
|
kajian/inovasi
|
|
|
|
|
|
4.3 Menjaga kesehatan
|
4.3.1
|
Menetapkan ketentuan
|
|
dan keselamatan
|
|
mengenai kesehatan
|
|
kerja di
|
|
dan keselamatan kerja
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
KOMPETENSI
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
laboratorium
|
4.3.2
|
Menerapkan ketentuan
|
|
sekolah/madrasah
|
|
mengenai kesehatan
|
|
|
|
dan keselamatan kerja
|
|
|
4.3.3
|
Menerapkan prosedur
|
|
|
|
penanganan bahan
|
|
|
|
berbahaya dan beracun
|
|
|
4.3.4
|
Memantau bahan
|
|
|
|
berbahaya dan beracun,
|
|
|
|
serta peralatan
|
|
|
|
keselamatan kerja
|
|
|
|
|
2. Kompetensi Teknisi Laboratorium
Sekolah/Madrasah
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Kompetensi
|
1.1 Menampilkan diri
|
1.1.1
|
Bertindak secara
|
Kepribadian
|
sebagai pribadi
|
|
konsisten sesuai dengan
|
|
yang dewasa,
|
|
norma agama, hukum,
|
|
mantap, dan
|
|
sosial, dan budaya
|
|
berakhlak mulia
|
|
nasional Indonesia
|
|
|
1.1.2
|
Berperilaku arif
|
|
|
1.1.3
|
Berperilaku jujur
|
|
|
1.1.4
|
Menunjukkan
|
|
|
|
kemandirian
|
|
|
1.1.5
|
Menunjukkan rasa
|
|
|
|
percaya diri
|
|
|
1.1.6
|
Berupaya meningkatkan
|
|
|
|
kemampuan diri
|
|
|
|
|
|
1.2 Menunjukkan
|
1.2.1
|
Berperilaku disiplin
|
|
komitmen terhadap
|
1.2.2
|
Beretos kerja yang
tinggi
|
|
tugas
|
|
|
|
1.2.3
|
Bertanggung jawab
|
|
|
|
|
terhadap tugas
|
|
|
|
|
|
|
1.2.4
|
Tekun, teliti, dan hati-
|
|
|
|
hati dalam
|
|
|
|
melaksanakan tugas
|
|
|
1.2.5
|
Kreatif dalam
|
|
|
|
memecahkan masalah
|
|
|
|
yang berkaitan dengan
|
|
|
|
tugas profesinya
|
|
|
1.2.6
|
Berorientasi pada
|
|
|
|
kualitas
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
KOMPETENSI
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Kompetensi
|
2.1 Bekerja sama
|
2.1.1
|
Menyadari kekuatan dan
|
Sosial
|
dalam pelaksanaan
|
|
kelemahan diri
|
|
tugas
|
|
|
|
2.1.2
|
Memiliki wawasan
|
|
|
|
|
tentang pihak lain yang
|
|
|
|
dapat diajak kerja sama
|
|
|
2.1.3
|
Bekerjasama dengan
|
|
|
|
berbagai pihak secara
|
|
|
|
efektif
|
|
|
|
|
|
2.2 Berkomunikasi
|
2.2.1
|
Berkomunikasi dengan
|
|
secara lisan dan
|
|
berbagai pihak secara
|
|
tulisan
|
|
santun, empatik, dan
|
|
|
|
efektif
|
|
|
2.2.2
|
Memanfaatkan berbagai
|
|
|
|
peralatan TIK untuk
|
|
|
|
berkomunikasi
|
|
|
|
|
3. Kompetensi
|
3.1 Merencanakan
|
3.1.1
|
Merencanakan
|
Administratif
|
pemanfaatan
|
|
kebutuhan bahan,
|
|
laboratorium
|
|
peralatan, dan suku
|
|
sekolah/madrasah
|
|
cadang laboratorium
|
|
|
3.1.2
|
Memanfaatkan katalog
|
|
|
|
sebagai acuan dalam
|
|
|
|
merencanakan bahan,
|
|
|
|
peralatan, dan suku
|
|
|
|
cadang laboratorium
|
|
|
3.1.3
|
Membuat daftar bahan,
|
|
|
|
peralatan, dan suku
|
|
|
|
cadang yang diperlukan
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
3.1.4
|
Merencanakan
|
|
|
|
kebutuhan bahan dan
|
|
|
|
perkakas untuk
|
|
|
|
perawatan dan
|
|
|
|
perbaikan peralatan
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
3.1.5
|
Merencanakan jadwal
|
|
|
|
perawatan dan
|
|
|
|
perbaikan peralatan
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
|
3.2 Mengatur
|
3.2.1
|
Mencatat bahan,
|
|
penyimpanan
|
|
peralatan, dan fasilitas
|
|
bahan, peralatan,
|
|
laboratorium dengan
|
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
perkakas, dan suku
|
|
memanfaatkan peralatan
|
|
cadang
|
|
teknologi informasi dan
|
|
laboratorium
|
|
komunikasi (TIK)
|
|
sekolah/madrasah
|
3.2.2
|
Mengatur tata letak
|
|
|
|
bahan, peralatan, dan
|
|
|
|
fasilitas laboratorium
|
|
|
3.2.3
|
Mengatur tata letak
|
|
|
|
bahan, suku cadang,
|
|
|
|
dan perkakas untuk
|
|
|
|
perawatan dan
|
|
|
|
perbaikan peralatan
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
4. Kompetensi
|
4.1 Menyiapkan
|
4.1.1
|
Menyiapkan petunjuk
|
Profesional
|
kegiatan
|
|
penggunaan peralatan
|
|
laboratorium
|
|
laboratorium
|
|
sekolah/madrasah
|
4.1.2
|
Menyiapkan paket
|
|
|
|
bahan dan rangkaian
|
|
|
|
peralatan yang siap
|
|
|
|
pakai untuk kegiatan
|
|
|
|
praktikum
|
|
|
4.1.3
|
Menyiapkan penuntun
|
|
|
|
kegiatan praktikum
|
KOMPETENSI
KHUSUS
Teknisi Laboratorium IPA,
Fisika, Kimia, Biologi dan
Program Produktif SMK
a) Membuat peralatan
praktikum sederhana
b) Membuat paket bahan siap
pakai untuk kegiatan
praktikum
Teknisi Laboratorium Bahasa
Membuat rekaman audio
visual dalam berbagai
media untuk kepentingan
pembelajaran
Teknisi Laboratorium Komputer
KOMPETENSI
|
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
KOMPETENSI
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a)
|
Memelihara kelancaran
|
|
|
|
|
jaringan komputer (LAN)
|
|
|
|
b)
|
Mengoperasikan program
|
|
|
|
|
aplikasi sesuai dengan
|
|
|
|
|
kebutuhan mata pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Merawat peralatan
|
4.2.1
|
Mengidentifikasi
|
|
|
dan bahan di
|
|
|
kerusakan peralatan dan
|
|
laboratorium
|
|
|
bahan laboratorium
|
|
sekolah/madrasah
|
4.2.2
|
Memperbaiki kerusakan
|
|
|
|
|
|
peralatan laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
4.3 Menjaga kesehatan
|
4.3.1
|
Menjaga kesehatan diri
|
|
|
dan keselamatan
|
|
|
dan lingkungan kerja
|
|
kerja di
|
|
|
|
|
4.3.2
|
Menggunakan peralatan
|
||
|
laboratorium
|
|
|
kesehatan dan
|
|
sekolah/madrasah
|
|
|
keselamatan kerja di
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
4.3.3 Menangani bahan-bahan
|
||
|
|
|
|
berbahaya dan beracun
|
|
|
|
|
sesuai dengan prosedur
|
|
|
|
|
yang berlaku
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3.4
|
Menangani limbah
|
|
|
|
|
|
laboratorium sesuai
|
|
|
|
|
dengan prosedur yang
|
|
|
|
|
berlaku
|
|
|
4.3.5
|
Memberikan pertolongan
|
|
|
|
|
|
pertama pada
|
|
|
|
|
kecelakaan
|
|
|
|
|
|
3. Kompetensi Laboran Sekolah/Madrasah
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Kompetensi
|
1.1 Menampilkan diri
|
1.1.1
|
Bertindak secara
|
Kepribadian
|
sebagai pribadi
|
|
konsisten sesuai dengan
|
|
yang dewasa,
|
|
norma agama, hukum,
|
|
mantap, dan
|
|
sosial, dan budaya
|
|
berakhlak mulia
|
|
nasional Indonesia
|
|
|
1.1.2
|
Berperilaku arif
|
|
|
1.1.3
|
Berperilaku jujur
|
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
KOMPETENSI
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1.4
|
Menunjukkan
|
|
|
|
|
kemandirian
|
|
|
|
1.1.5
|
Menunjukkan rasa
|
|
|
|
|
percaya diri
|
|
|
|
1.1.6
|
Berupaya meningkatkan
|
|
|
|
|
kemampuan diri
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Menunjukkan
|
1.2.1
|
Berperilaku disiplin
|
|
|
|
komitmen
|
1.2.2
|
Beretos kerja yang
tinggi
|
|
|
terhadap tugas
|
|
|
|
|
1.2.3
|
Bertanggung jawab
|
|
|
|
|
|
terhadap tugas
|
|
|
|
1.2.4 Tekun, teliti, dan hati-hati
|
|
|
|
|
|
dalam melaksanakan
|
|
|
|
|
tugas
|
|
|
|
1.2.5
|
Kreatif dalam
|
|
|
|
|
memecahkan masalah
|
|
|
|
|
yang berkaitan dengan
|
|
|
|
|
tugas profesinya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2.6
|
Berorientasi pada kualitas
|
|
|
|
|
|
2. Kompetensi
|
2.1
|
Bekerja sama
|
2.1.1
|
Menyadari kekuatan dan
|
Sosial
|
|
dalam
|
|
kelemahan diri
|
|
|
pelaksanaan
|
2.1.2
|
Memiliki wawasan
|
|
|
tugas
|
|
tentang pihak lain yang
|
|
|
|
|
dapat diajak kerja sama
|
|
|
|
2.1.3
|
Bekerjasama dengan
|
|
|
|
|
berbagai pihak secara
|
|
|
|
|
efektif
|
|
|
|
|
|
|
2.2
|
Berkomunikasi
|
2.2.1
|
Berkomunikasi dengan
|
|
|
secara lisan dan
|
|
berbagai pihak secara
|
|
|
tulisan
|
|
santun, empatik, dan
|
|
|
|
|
efektif
|
|
|
|
2.2.2
|
Memanfaatkan berbagai
|
|
|
|
|
peralatan TIK untuk
|
|
|
|
|
berkomunikasi
|
|
|
|
|
|
3. Kompetensi
|
3.1 Menginventarisasi
|
3.1.1
|
Mencatat bahan
|
|
Administratif
|
|
bahan praktikum
|
|
laboratorium
|
|
|
|
3.1.2
|
Mencatat penggunaan
|
|
|
|
|
bahan laboratorium
|
|
|
|
3.1.3
|
Melaporkan penggunaan
|
|
|
|
|
bahan laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Mencatat kegiatan
|
3.2.1
|
Mencatat kehadiran guru
|
|
|
|
praktikum
|
|
dan peserta didik
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|||
KOMPETENSI
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
3.2.2
|
Mencatat penggunaan
|
||
|
|
|
alat
|
|
|
|
|
3.2.3
|
Mencatat penggunaan
|
||
|
|
|
penuntun praktikum
|
||
|
|
3.2.4
|
Mencatat kerusakan alat
|
||
|
|
3.2.5
|
Melaporkan keseluruhan
|
||
|
|
|
kegiatan praktikum
|
|
|
|
|
|
secara periodik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Kompetensi
|
4.1 Merawat ruang
|
4.1.1
|
Menata ruang
|
|
|
Profesional
|
laboratorium
|
|
laboratorium
|
|
|
|
sekolah/madrasah
|
4.1.2
|
Menjaga kebersihan
|
||
|
|
|
ruangan laboratorium
|
||
|
|
|
|||
|
|
4.1.3. Mengamankan
ruang
|
|||
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
||
|
4.2 Mengelola bahan
|
4.2.1
|
Mengklasifikasikan
bahan
|
||
|
dan peralatan
|
|
dan peralatan praktikum
|
||
|
laboratorium
|
4.2.2
|
Menata
|
bahan
|
dan
|
|
sekolah/madrasah
|
|
peralatan praktikum
|
||
|
|
4.2.3
|
Mengidentifikasi
|
|
|
|
|
|
kerusakan
|
bahan,
|
|
|
|
|
peralatan,
|
dan fasilitas
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
4.2.4
|
Menjaga
|
kebersihan alat
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
4.2.5
|
Mengamankan bahan dan
|
||
|
|
|
peralatan laboratorium
|
||
|
|
|
|||
|
|
Khusus untuk laboran biologi:
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2.6
|
Merawat
|
tanaman
|
untuk
|
|
|
|
kegiatan praktikum
|
|
|
|
|
4.2.7
|
Memelihara hewan untuk
|
||
|
|
|
praktikum
|
|
|
|
|
|
|
||
|
4.3 Melayani kegiatan
|
4.3.1
|
Menyiapkan bahan sesuai
|
||
|
praktikum
|
|
dengan penuntun
|
|
|
|
|
|
praktikum
|
|
|
|
|
4.3.2
|
Menyiapkan peralatan
|
||
|
|
|
sesuai dengan penuntun
|
||
|
|
|
praktikum
|
|
|
|
|
4.3.3
|
Melayani guru dan
|
|
|
|
|
|
peserta didik dalam
|
||
|
|
|
pelaksanaan praktikum
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
KOMPETENSI
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3.4
|
Menyiapkan kelengkapan
|
|
|
|
pendukung praktikum
|
|
|
|
(lembar kerja, lembar
|
|
|
|
rekam data, dan lain-lain)
|
|
|
|
|
|
4.4 Menjaga
|
4.4.1
|
Menjaga kesehatan diri
|
|
kesehatan dan
|
|
dan lingkungan kerja
|
|
keselamatan kerja
|
4.4.2
|
Menggunakan peralatan
|
|
di laboratorium
|
|
kesehatan dan
|
|
sekolah/madrasah
|
|
keselamatan kerja di
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
4.4.3
|
Menangani bahan-bahan
|
|
|
|
berbahaya dan beracun
|
|
|
|
sesuai dengan prosedur
|
|
|
|
yang berlaku
|
|
|
4.4.4
|
Menangani limbah
|
|
|
|
laboratorium sesuai
|
|
|
|
dengan prosedur yang
|
|
|
|
berlaku
|
|
|
4.4.5
|
Memberikan pertolongan
|
|
|
|
pertama pada kecelakaan
|
|
|
|
Keberadaan laboratorium IPA di sangat mendukung proses pembelajaran, selain itu memiliki tujuan untuk melatih peserta didik berketerampilan proses ilmiah dan pengembangan sikap ilmiah yang mendukung proses perolehan pengetahuan.
BalasHapusSalam
Agung Laksono
Sistem manajemen pengelola laboratorium sangat lah penting dalam pendidikan IPA tanpa ada itu, praktikum atau percobaan penelitian tdk mungkin bisa berjalan dg baik dan terarah.
BalasHapussistem manajemen labor sangat menunjang kinerja dari laboratorium itu sendiri dan tentunya sangat berdampak baik pada sistem manajemen labor dan kegiatan Labor
BalasHapus